Prakata

Masjidnet ini tujuan awalnya hanya mencoba untuk mengumpulkan data-data masjid sedunia, meskipun tampak berlebihan. Yah mungkin tidak lengkap-lengkap amat, tapi paling tidak kita bisa melihat gambar-gambarnya.

Saya coba untuk memberikan beberapa uraian, yang terus terang saja, saya comot sana-sini dari beberapa sumber.

 

Yang pertama saya coba ambil dari situs resmi mesjid tersebut, paling ndak data ini lebih afdol, karena saya kira pengurus resminya susah untuk memberikan data bohong (ndak akurat mungkin). Tapi sayang tidak semua masjid punya situs resmi, mungkin mereka belum kepikiran.

Yang kedua saya coba cari dari situs referensi baik dari situs pemerintah daerah, dinas pariwisata, yang mana biasanya masjid masuk agenda tempat wisata (selain tempat ibadah tentunya). Keakuratannya yah tergantung pegawai yang ditugasi mengisi kontennya, mungkin benar mungkin ngarang. Tapi mudah-mudahan benar.

Yang ketiga saya cari di wikipedia. Wikipedia Indonesia (biasanya kedalamannya kurang sehingga terpaksa saya cari referensi lain), Wikipedia English (Lebih terstruktur, kedalaman cukup baik, hanya capek aja menerjemahkan), dan wikipedia berbahasa lainnya (Saya terpaksa minta bantuan Google translate). Berhubung wikipedia merupakan open content, sehingga isinya boleh diobrak-abrik, ditambah, disulam, meskipun ada penjaganya yang saya kira cukup tangguh, sehingga isi dari artikelnya tidak juga bisa menjadi acuan atau hujah yang kuat. 

Yang keempat, saya cari dari blog-blog perjalanan hidup seesorang yang biasanya mampir juga ke masjid dan meliputnya lalu dimasukkan ke blog mereka.  Saya comot, dan saya coba ambil beberapa isinya (tapi sebagian besar hanya foto-fotonya, saya ambil yang murni foto, jadi kalau ada orangnya mejeng, keluarganya, pacarnya, yah ndak diambil). Akurasi data dari blog saya kira agak meragukan, meskipun terkadang banyak blog yang cukup cermat dalam menampilkan data-data tersebut. Saya akan coba untuk memberikan link blog tersebut di bagian pranala (bagian bawah), itupun kalau tidak lupa. Jadi mohon maaf lebih dulu sebagai DISCLAIMER, ya jangan digugat jika nama pemilik blog tidak disebutkan. Mudah-mudahan Allah memberikan pahala yang besar bagi anda yang ikhlas untuk mengijinkan foto-foto yang diambilnya tanpa nama. Lagian pula saya sering menemukan untuk foto yang sama bahkan isi/data yang sama tersebar di banyak blog, lha terus saya mereferkan ke-siapa? Untuk hal ini saya tidak kasih link, lha ini jelas-jelas milik umum.

Yang kelima, saya cari image dari search engine google Image, MSN, Yahoo dan lain-lain, hanya untuk bisa mendapat gambar-gambara dari angle yang berbeda. Ini saya lakukan biasanya sudah pusing ndak ndak tahu lagi mau cari kemana gambar-gambar masjid yang bagus. Itupun kebanyakan dapatnya resolusi rendah yang harus mengreyitkan dahi untuk melihatnya.

.

.

Saya ndak pilih-pilih masjid mana yang akan ditampilkan. Bangunan yang besar atau kecil, arsitektur yang rumit atau yang buatan tukang lokal yang dipikir oleh warga setempat, ragam rupa persia china atau jawa, dari pualam atau ilalang,  dikota besar ataupun terpencil, milik syiah atau sunni, saya ndak ambil pusing. Yang penting tempat itu masjid.

Tapi masalahnya yang biasanya ada informasinya itu masjid-masjid terkenal, indah, megah, tempat wisata, padahal saya sebagian besar ambil dari internet, yah kalau sempet saya coba ceprat-cepret sendiri yang tentunya dapatnya pasti sekitar kediaman saya atau tempat yang masih terjangkau oleh roda sepeda saya.

Terus terang isi dari blog ini masih terus-menerus ditambah, bahkan konten lama bisa jadi diperbaharui karena ada informasi-informasi tambahan yang menarik. Makanya silahkan kirim komen untuk usalan atau apapun lah.

Nah, kalau ada responden atau simpatisan yang mau kirim data, foto, lha pasti senang rasa hati ini. Jangan segan silahkan kirim ke masjid_net@yahoo.com

 

Salam

One Response to “Prakata”

  1. Wisata Masjid Says:

    Assalamu’alaikum Wr. Wb.

    Secara ringkasnya masjid adalah sebuah bangunan yang sengaja didirikan ummat Islam sebagai tempat penghambaan diri kepada Allah dalam sehari semalam minimal lima waktu berupa salat berjama’ah. Dalam sepekan sekali yang wajib digunakannya adalah pada hari Jum’at untuk menunaikan salat Jum’at sebagai pengganti salat dhuhur Karena itu pula ia juga selalu disebut rumah Allah atau Bait Allah sebagaiman juga tertera dalam Al-Qur’an yang mulya.

    Melalui komunitas Wisata Masjid ini, marilah kita para muslim di Indonesia bersama-sama mengenal lebih jauh Masjid-Masjid yang ada di tanah air kita ini. Bahkan Masjid-Masid lain di dunia ini yang khususnya memiliki nilai sejarah dalam perkembangan agama Islam. Namun tentunya dimulai dengan mengenal Masjid-Masjid yang ada di sekitar lingkungan kita. Sehingga membuat kita lebih mengenal Masjid dan mengingatkan kita untuk selalu mendatanginya di setiap waktu sholat berkumandang.

    Wassalam,
    Wisata Masjid.


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: