Cheng Hoo, Surabaya

Masjid Cheng Hoo, didirikan 10 Maret 2002, adalah Masjid bernuansa Muslim Tionghoa yang berlokasi di Jalan Gading, Ketabang, Genteng, Surabaya atau 1.000 m utara Gedung Balaikota Surabaya. Masjid ini didirikan atas prakarsa para sespuh, penasehat, pengurus PITI, dan pengurus Yayasan Haji Muhammad Cheng Ho Indonesia Jawa Timur serta tokoh masyarakat Tionghoa di Surabaya. Pembangunan masjid ini diawali dengan peletakkan batu pertama 15 Oktober 2001 bertepatan dengan Isra’ Mi’raj Nabi Muhammad SAW. Sedangkan pembangunannya baru dilaksanakan 10 Maret 2002 dan baru diresmikan pada 13 Oktober 2002.

Masjid Muhammad Cheng Hoo merupakan masjid yang memiliki sejarah yang sangat menarik hal ini juga tampak dari arsitektur bangunannya yang dibuat dengan gaya khas Tiongkok. Awal mulanya adalah pada abad ke 15 pada masa Dinasti Ming (1368-1643) orang-orang Tionghoa dari Yunnan mulai berdatangan untuk menyebarkan agama Islam, terutama di pulau Jawa. Yang kemudian Laksamana Cheng Hoo atau yang lebih dikenal dengan Sam Poo Kong atau Pompu Awang pada tahun 1410 dan tahun 1416 dengan armada yang dipimpinnya mendarat di pantai Simongan, Semarang. Selain itu dia juga sebagai utusan Kaisar Yung Lo untuk mengunjungi Raja Majapahit yang juga bertujuan untuk menyebarkan agama Islam.

Untuk mengenang perjuangan Cheng Hoo dan warga Tionghoa muslim juga ingin memiliki sebuah masjid dengan gaya Tionghoa maka pada tanggal 13 Oktober 2002 diresmikan Masjid dengan arsitektur Tiongkok, yang berdiri di areal komplek gedung serba guna PITI (Pembina Imam Tauhid Islam) Jawa Timur Jalan Gading No.2 (Belakang Taman Makam Pahlawan Kusuma Bangsa).

Masjid Muhammad Cheng Hoo ini mampu menampung sekitar 200 jama’ah. Masjid Muhammad Cheng Hoo berdiri diatas tanah seluas 21 x 11 meter persegi dengan luas bangunan utama 11 x 9 meter persegi. Masjid Muhammad Cheng Hoo juga memiliki delapan sisi dibagian atas bangunan utama. Ketiga ukuran atau angka itu ada maksudnya. Maknanya adalah angka 11 untuk ukuran Ka’bah saat baru dibangun, angka 9 melambangkan Wali Songo dan angka 8 melambangkan Pat Kwa (keberuntungan/ kejayaan dalam bahasa Tionghoa).

.

.

.

INFORMASI

Nama

Masjid Cheng Hoo

Lokasi

Surabaya (Indonesia)

Alamat

Kota

Surabaya

Propinsi

Jawa Timur

Negara

Indonesia

Koordinat Geografi

Pendiri

Tanggal Pembangunan

Tanggal Penyelesaian

Tanggal Diresmikan

Diresmikan Oleh

ARSITEKTUR

Luas Area

Luas Bangunan

m2

Arsitek

Style / Gaya

Jumlah Menara

Tinggi Menara

Jumlah Kubah

Diameter Kubah

ORGANISASI

Ketua

Imam Masjid

SPESIFIKASI

Kapasitas

.

.

.

pranala

One Response to “Cheng Hoo, Surabaya”

  1. sunardi Says:

    Mohon informasi cara mengirimkan Karya Nyata/Cipta kepada Yth Bapak Susilo Bambang Yudhoyono melalui Yayasan Muhammad Cheng Hoo di surabaya ? serta mohon dibalas lewat nomor Hp kami saja andai bisa , Untuk Nomor Kami adalah 0354-7834678 ( Contak Person ) atas perhatianya kami ucapkan terima kasih. alamt kami Jln. Kelud 8 Tawang Wates – Kediri (Jatim ).


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: